Pilah-pilih Nomor Ukuran Mata Pancing yang Sesuai Jenis Ikannya

Untuk sebagian besar orang yang tak suka memancing, pastinya menganggap jika memancing adalah aktivitas yang membosankan dimana hanya menunggu ikan datang menyamber pancingan Anda. Hal ini memang kerapkali tak bisa dimengerti oleh banyak orang karena sesungguhnya memancing juga aktivitas menyenangkan yang mampu memicu adrenalin dan strategi. Pemilihan joran, mata pancing dan semua perlengkapannya pun menjadi strategi tersendiri dalam memancing.

Bagi para penghobi memancing, aktivitas memancing sendiri mampu memberikan tantangan tersendiri dalam melakukannya. Pemancing memang dituntut untuk harus bisa merencanakan strategi dengan peralatan memancing berdasarkan medan memancing apakah laut, kolam, sungai atau medan lainnya, berdasarkan jenis ikan yang akan ditangkap dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, memancing memang bukan hanya aktivitas yang hanya identik dengan menangkap ikan semata.

Mata Kail Bukalapak

Memancing pun ternyata juga punya banyak sekali manfaat diantaranya adalah mampu hilangkan stress dimana memancing akan mampu memberikan kesempatan Anda untuk mengenal diri lebih dalam, melihat pemandangan, bertarung dengan ikan dan masih banyak pengalaman lainnya. Selain itu memancing juga mampu melatih kesabaran. Alasannya karena menunggu ikan mau menyamber kail yang sudah Anda lempar bukan ada waktu pastinya. Memancing pun bisa jadi ajang untuk latihan konsentrasi. Ada beberapa aktivitas dan teknik memancing yang bisa pancing otak Anda dan menuntut konsentrasinya. Anda pun dituntut untuk dapat focus dalam memainkan lure di variasinya saat memancing.

Bagi Anda penyuka memancing, maka tentunya mata pancing menjadi benda yang amat penting. Memang tak ada standar yang baku dalam pemilihan mata kail ini, namun tetap saja bisa diusahakan pemilihannya yang tepat. Jika Anda berencana memancing di waktu dekat, maka berikut ini beberapa tips untuk bisa memilih nomor mata kail yang sesuai dengan target ikan Anda:

  1. Target ikan air laut:
  • Target ikan Sailfish, marlin dan broadbill, memakai nomor mata kail 10/0 sampai 13/0.
  • Target ikan tarpon, memakai nomor mata kail 7/0 sampai 10/0.
  • Target ikan tuna, memakai nomor mata kail 7/0 sampai 10/0.
  • Target ikan weakfish, memakai nomor mata kail 4/0 jenis sproat atau jenis o’shaughnessy.
  • Target ikan flounder, memakai nomor mata kail 1/0 jenis sproat atau o’shaughnessy.
  • Target ikan bluefish, memakai nomor mata kail 4/0 direkomendasikan 6x long.
  • Target ikan stripbass, memakai nomor mata kail 7/0 sampai 10/0.
  • Target ikan channelbass, memakai nomor mata kail 7/0.
  • Target ikan croaker, porgy, ling, kingfish, seabass, blackfish dan Pollock, memakai nomor mata kail 1/0 sampai 3/0 jenis sproat atau o’shaughnessy.
  1. Target ikan air tawar:
  • Target ikan panfish dapat memakai nomor mata kail 4/0 atau 6/0 namun jika umpan kecil maka memakai nomor mata kail 10/0 atau 8/0.
  • Target ikan trout memakai nomor mata kail 4/0, 6/0 atau 8/0.
  • Target ikan bass memakai nomor mata kail 1/0 atau 2/0.
  • Target ikan nothern pike memakai nomor mata kail 3/0 sampai 1.

Itulah beberapa tips bagi Anda ketika ingin memilih mata pancing yang sesuai dengan jenis ikan yang jadi targetnya. Memang ini bukanlah rumus, namun setidaknya bisa jadi panduan Anda membeli mata kail di situs belanja online. Jadi, sudah siap taklukkan ikan target Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *